Award

PENGHARGAAN

SIRIAH GADANG

Sirih adalah tumbuhan berdaun lebar bahan utama tradisi makan sirih. Sirih disajikan bersama kapur dan gambir dalam carano. Sajian ini dihidangkan sebagai penyambutan tamu. Daun sirih juga diyakini memiliki berbagai khasiat untuk penyembuhan. Dalam tradisi Minang sirih bermakna sebagai kebersamaan dengan kata adatnya. Perhelatan-perhelatan besar biasanya membicarakan berbagai kepentingan bersama. Motif Siriah Gadang melambangkan kegembiraan dalam persatuan.

SIRIAH GADANG Award

Anugerah yang diberikan kepada film pelajar dengan ide, cerita dan penggarapan terbaik melalui penjurian.

KALUAK PAKU

Kaluak berarti gelung pada tanaman pakis. Selain memiliki keindahan dan bermakna kedinamisan, arti tersirat kaluak paku menggambarkan sifat kodrati manusia. Pada awal pertumbuhannya melingkar ke dalam, yang kemudian akhirnya tumbuh melingkar ke arah luar. Begitu juga manusia, pada tahap awal harus mengenal dirinya terlebih dahulu sebelum bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Tersirat makna pentingnya instrospeksi, koreksi atas kesalahan sendiri, setelah itu baru layak mengoreksi pribadi lain. Dalam adat Minangkabau, motif ini sebagai lambang tanggung jawab kepada generasi penerus, seperti para pria sebagai ayah dari anak-anaknya, dan sebagai mamak dari kemenakan-kemenakannya.

KALUAK PAKU Award

Anugerah yang diberikan kepada film pelajar dengan teknik sinematik terbaik melalui penjurian.

TAMPUAK MANGGIH

Buah manggis memiliki tempuk yang jumlahnya dipastikan sama dengan jumlah buah di dalamnya. Tempuk manggis melambangkan kejujuran. Tampuak manggih adalah lambang ketulusan hati, niat suci dan kejujuran. Perkataan selalu sama dengan perbuatan. Pekerjaan bersama dilakukan dengan tulus tanpa mengharap imbalan, dan bukan topeng dari ketidaksungguhan. Apa yang di tampilkan tampuak manggih adalah suatu kepastian. Apa yang tampak dari luar juga cerminan isinya yang pasti.

TAMPUAK MANGGIH Award

Anugerah yang diberikan kepada film pelajar dengan naratif terbaik melalui penjurian.

PUCUAK RABUANG

Rebung adalah tunas bambu. Bambu merupakan anjuran kepada semua orang untuk berguna seumur hidupnya. Pucuk rebung merupakan simbol kehidupan yang dinamis. Seperti halnya bambu, ketika muda bahkan rebung dapat dijadikan sayur, dan setelah menjadi bambu berguna sebagai peralatan rumah tangga dan bahan bangunan. Bambu yang menjulang lurus ke atas merupakan simbol bagi kaum muda untuk menuntut ilmu dan meraih cita-cita. Dan ketika sudah tua ujung bambu mulai merunduk ke bawah, yang bermakna apabila telah berilmu akan tetap rendah hati.

PUCUAK RABUANG Award

Anugerah yang diberikan kepada film pelajar yang memiliki pesan inspiratif melalui penjurian.

BUNGO LADO

Cabai dikenal sebagai buah berasa pedas dalam kelompok sayur-sayuran. Cabai terdapat di hampir seluruh belahan bumi, dengan rasa, bentuk, dan warna yang beraneka ragam. Bunga-bunga mekar bersama-sama, dan bila bunga-bunga yang terpilih tumbuh menjadi buah, bunga-bunga yang lain akan merayakannya lalu gugur bersama. Bunganya yang elok dimaknai sebagai lambang rasa syukur, dengan cara membagi-bagikan rezeki kepada banyak orang. Di beberapa wilayah di Sumatera Barat, bungo lado divisualisasikan untuk hiasan pada peringatan hari raya Maulid Nabi SAW.

BUNGO LADO Award

Anugerah yang diberikan juri kepada film pelajar terpilih.