Miffest

 

MINANG FILM FESTIVAL (MIFFEST)

Minang Film Festival merupakan event festival film tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Program ini terwujud dan diselenggarakan guna menyikapi perkembangan perfilman Sumatera Barat yang kian bergeliat. Minang Film Festival berupaya menjadi wadah perayaan dan peningkatan kreativitas bagi sineas muda di Sumatera Barat.

Agenda festival terdiri dari pemutaran film, diskusi film, masterclass, seminar film, dan penganugerahan film melalui penjurian. Seluruh kegiatan terpusat di Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam, kompleks kampus ISI Padangpanjang. Minang film festival menjadi agenda rutin yang diselenggarakan Prodi Televisi dan Film bersama HMJ TV-Film ISI Padangpanjang. Penyelenggaraan Miffest sekaligus menjadi perayaan penyambutan hadirnya mahasiswa baru di ISI Padangpanjang.

  1. MIFFEST #1: “Komunitas dan Lokalitas” (2017)

Komunitas dan Lokalitas adalah pengejawantahan dari ungkapan “saiyo sakato” yang senada dengan kegotongroyongan. Komunitaslah yang umumnya menjadi embrio tumbuhnya kelompok produksi atau apresiasi film. Hingga tahun 2017 komunitas film di Sumatera Barat tercatat cukup banyak namun belum saling menyapa. Miffest berupaya mempertemukan dan menghubungkan lintas komunitas untuk saling berjejaring. Miffest pertama diselenggarakan pada 4-5 Mei 2017.

Pengarah Festival : Choiru Pradhono, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Artistik : Adri Yandi, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Program : Bima Prasetyo (Ketua HMJ TV dan Film)

Pemateri : Sidi Saleh (Sutradara Film) | Arief Malinmudo (Sutradara Film)

 

  1. MIFFEST #2: “Jolong Baniah Ka Boneh” (2018)

Jolong Baniah Ka Boneh adalah istilah dalam bahasa Minang yang berarti bakal benih yang berisi. Tema ini bermakna sebagai sebuah proses untuk menjadi berarti. Miffest ke dua telah menetapkan penghargaan bagi film pelajar terbaik melalui penjurian, yang meliputi Siriah Gadang Award, Pucuak Rabuang Award, Tampuak Manggih Award dan Bungo Lado Award. Penyelenggaraan Miffest tahun 2018 ini berlangsung 7-8 November 2018.

Pengarah Festival : Choiru Pradhono, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Artistik : FX. Yatno Karyadi, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Program : Wahyudhi Herman (Ketua HMJ TV dan Film)

Pemateri : Tommy Widiyatno (FFPJ) | Adi Osman (Affest) | Bobby Prasetyo  (Sutradara Film) | M. Zikra (UKFF-UNP) | Findo Bramata (RelAir) |  Beny Sumarna (Penulis) | M. Naswan (Asprofisi) | Arturo GP (LSF)

 

  1. MIFFEST #3: “Nan Satitiak Jadikan Lauik” (2019)

Nan Satitiak Jadikan Lauik kurang lebih bermakna menjadikan sesuatu yang kecil sebagai modal untuk menjadikannya besar. Hal-hal kecil dalam film bisa berasosiasi dengan ide-ide, kelompok produksi, peralatan produksi yang sederhana atau sesuatu dalam skala kecil. Namun hal-hal kecil inilah yang bila disatukan akan menjadi modal untuk menjadi kompleks dan besar. Penyelenggaraan Miffest 2019 direncanakan akan digelar pada bulan Oktober atau November 2019. Coming Soon!

Pengarah Festival : Choiru Pradhono, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Artistik : FX. Yatno Karyadi, S.Sn., M.Sn.

Pengarah Program : Zahra Yuni Alda (Ketua HMJ TV dan Film)