Kuliah Umum dan Diskusi Film Bersama Kusen Dony Hermansyah
Posted on: June 5, 2019, by : adminfilm

Program Studi Televisi dan Film ISI Padangpanjang Rabu, 22 Mei 2019 menghadirkan Kusen Dony Hermansyah staf pengajar dari FFTV IKJ untuk memberikan kuliah umum. Kali ini Kusdon memberikan materi tentang film dokumenter bagi mahasiswa TV dan Film ISI Padangpanjang semester empat khususnya. Materi dan logika dasar dalam pembuatan film dokumenter akan menjadi dasar untuk produksi film dokumenter secara luas dan menjadi bekal untuk melaksanakan tugas pembuatan film pada mata kuliah Dokumenter Etnografi yang sedang ditempuh pada semester ini.

Selanjutnya, Choiru Pradhono selaku sekretaris Prodi TV dan Film ISI Padangpanjang berharap bahwa momen kuliah umum menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh tambahan pengetahuan dengan keterlibatan secara aktif pada kelas khusus tersebut. Program tahunan ini juga selalu menyajiakan materi dan narasumber, baik akademisi maupun praktisi yang berbeda, guna pengayaan keilmuan televisi dan film. Karenanya, selain kelas pada semester yang diwajibkan, maka ke depannya program ini hendaknya dimanfaatkan sepenuhnya oleh civitas akademika prodi TV dan Film ISI Padangpanjang.

 

 

Pada kesempatan itu pula, kehadiran Kusdon sekaligus menjadi pemateri pada diskusi film yang diselenggarakan oleh HMJ TV dan Film. Dengan memantik diskusi melalui pemutaran film Pather Panchali (Satyajit Ray), Kusen Dony memberikan gambaran bahwa pembuatan film pada dasarnya selalu dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Ide bisa datang dari sesuatu yang tampaknya sepele, namun jika dikemas dengan berkesungguhan akan menjadi karya film yang luar biasa lekat dalam memori penonton. Demikian juga dengan modal material dan modal sosial yang kita miliki, justru menjadikan film karya kita menjadi unik dan sangat berkarakter.